MENDAKI GUNUNG RINJANI VIA 3 JALUR RESMI

11:09 AM
Pendakian gunung rinjani via senaru
 
Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci dengan ketinggian 3726 mdpl. Gunung Rinjani kokoh berdiri sebagai “pasek gumi” Lombok dengan panorama yang cantik dan jalur pendakian yang menantang. Tak heran jika gunung Rinjani menjadi idola bagi para pendaki di Indonesia maupun mancanegara.

Sebagaimana khas gunung, Rinjani juga memiliki banyak jalur pendakian yang bisa ditempuh untuk meuju ke Puncak. Dari banyak jalur pendakian tersebut sebenarnya ada 3 yang resmi dan paling populer untuk mendaki ke puncak gunung Rinjani. Tiga jalur tersebut adalah:

1. Jalur Pendakian Pintu Timur Sembalun Lawang
Sembalun Lawang, sebuah desa kecil yang berada di sebelah utara kaki Gunung Rinjani di ketinggian 1.156 mdpl.

Jalur Sembalun merupakan jalur primadonanya pendakian dengan suguhan pemandangan alam yang eksotis sekaligus menjadi salah satu jalur populer titik awal pendakian ke Gunung Rinjani (3.726 mdpl). selain pemandangan alamnya yang cantik rute pendakian juga relatif tidak terlalu curam.

Bagi pendaki yang ingin mendaki puncak dahulu sebelum ke Danau Segara Anak, maka rute Sembalun Lawang menjadi pilihan ideal.

Jarak tempuh Jalur pendakian Sembalun Lawang adalah sebagai berikut:
Mataram – Sembalun Lawang (4 - 5 jam kendaraan umum)
Sembalun Lawang - Plawangan Sembalun 2639 mdpl (7 - 8 jam)
Plawangan Sembalun - Puncak Gunung Rinjani (3 - 4 Jam)
Plawangan Sembalun - Danau Segara Anak (3 - 4 Jam)
2. Jalur Pendakian Pintu Utara Desa Senaru
Jalur pendakian Senaru adalah jalur yang paling ideal bagi pendaki yang ingin menikmati pemandangan Danau Segara Anak.

Jalur pendakian ini tidak terlalu panjang tapi terus menanjak. Tidak seperti jalur Sembalun Lawang yang kebanyakan melalui padang saavana, jalur Senaru menyuguhkan pemandangan hutan primer sehingga jalur ini tidak terlalu panas.

Jalur pendakian Senaru merupakan jalur yang paling ramai. Hal ini di sebabkan banyak dari pengunjung terutama wisatawan asing yang hanya ingin menikmati Segara Anak saja tanpa mereka bersusah payah mencapai puncak Rinjani.

Jika dari Senaru untuk mencapai Segara Anak lebih cepat ketimbang lewat Sembalun. Apalagi view keindahan pesona alam Rinjani dapat di saksikan dari Pelawangan Senaru.

Setelah sampai di atas Pelawangan Senaru Anda akan di suguhkan pemandangan super cantik dari Rinjani. Pemandangan Danau Segara Anak dari Plawangan Senaru diabadikan dalam uang pecahan Rp. 10000.
gunung baru jari dan segara anak rinjani
Untuk memperoleh informasi mengenai pendakian Gunung Rinjani telah disediakan Pusat Pendakian Terpadu ( Rinjani Trek Centre ) atas kerjasama Balai Taman Nasional Gunung Rinjani dengan NZAID ( New Zealand Asistance International Development )

Jarak tempuh Jalur pendakian Desa Senaru adalah sebagai berikut:
Mataram – Senaru (3 - 4 Jam Kendaraan Umum)
RTC Desa Senaru -  Plawangan Senaru ketinggian 2641mdpl (7 - 8 jam)
Plawangan Senaru - Danau Segara Anak (3-4 jam)
Danau Segara Anak - Plawangan Sembalun (3-4 jam)
pemandangan gunung baru jari dan segara anak rinjani via plawangan senaru
3.  Jalur Pendakian Pintu Tengah Desa Torean
Jalur Torean menawarkan panorama alam yang beragam. Sepanjang jalur, yang diapit dinding punggungan Gunung Rinjani dan Sangkareang, terlihat hutan lebat, tebing, lembah, sungai, air terjun, dan sumber air panas alami, termasuk yang mengalir di dalam gua.

Jarak dari Pos III Torean menuju ke Plawangan Torean 3,50 Km dengan kemiringan30 - 40%, sepanjang perjalanan kita akan berada dalam apitan 2 buah gunung dan kita juga dapat menikmati aliran sungai ( Kokok ) Putih.

Sepanjang garis ini, dari desa Torean terhadap batas waktu TNGR pada pos ini kita menemukan pendakian ladang pengembalaan, padang rumput dan perkebunan adalah kawasan hutan. Lereng 20-45% dalam batas desa TNGR dengan menuju Torean ± 5.00 Km dengan kemiringan sekitar 10-30%.
jalur pendakian puncak gunung rinjani lombok
Jarak tempuh Jalur pendakian Desa Senaru adalah sebagai berikut:
Mataram - Torean (4 - 5 Jam Kendaraan Umum )
Torean - Danau Segara Anak (8 - 9)
Ketiganya memiliki keunggulan view masing - masing.

Dari ketiga jalur pendakian tersebut memiliki keunggulan masing-masing, baik sari segi trek pendakiannya maupun suguhan viewnya. Anda tinggal menentukan jalur pendakian mana yang akan anda pilih untuk menuju ke Puncak Gunung Rinjani Lombok

Selamat mendaki.