YANG PERLU DILAKUKAN SEBELUM PANJAT TEBING

6:20 AM
PERSIAPAN SEBELUM PANJAT TEBING - Olah raga panjat tebing merupaka olah raga dengan resiko tinggi, oleh karenanya diperlukan persiapan yang memadai sebelum melakukan pemanjatan. Fisik dan mental harus benar-benar siap sebelum mulai memanjat. Kekurang-siapan saat melakukan olah raga ini bisa menimbulkan hal-hal yang berakibat fatal. Di bawah ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum pemanjatan dimulai:

  1. Persiapan Mental
    Hal utama yang perlu dipersiapkan pada kegiatan ekstrim ini adalah mental, karena dengan mental yang tepat dan benar maka fisik pun akan mengikuti. Begitu juga sebaliknya kalau mental sudah jatuh, maka fisik yang kuat pun akan tidak berarti apa apa karena kalah dengan rasa takut yang sudah menjelma dan menguasai diri.
  2. Persiapan Fisik Kekuatan
    Dalam memepersiapakan kekuatan fisik, hampir semua organ akan dibutuhkan. Seperti halnya tangan, kaki, perut, dada, dan juga pinggang. Semua akan berperang penting manakala kita sedang menghadapi posisi sulit ketika memanjat.

    Kelenturan
    Kelenturan disini disamping pemanasan ketika melakukan panjat tebing, namun kelenturan disini termasuk pula kelincahan kita untuk menggerakan anggota tubuh untuk melewati rute - rute terentu. Kombinasi kelenturan dan kekuatan akan menjadikan alur gerak ( fluidity ) si pemanjat tampak indah dan biasanya wanita lebih memiliki komponen ini.

    Daya tahan
    Seperti di sebutkan sebelumnya, bahwa olahraga ini kalau bisa kita menggunakan sedikit waktu istirahat yang artinya sanggat di butuhkan ketahanan fisik disini. fisik yang stabil, lebih baik daripada fisik yang kuat namun hanya mampu bertahan beberapa menit. Oleh karenanya kita perlu juga latihan ketahanan tubuh kita.

    Adapun jenis latihan yang bisa kita lakukan agar memperoleh tiga komponen diatas adalah :
    • Push up ( min 100x dalam satu waktu ), kegunaannya yaitu untuk melatih jari agar lebih kuat dalam memegang point.
    • Pull up ( min 15x dalam satu waktu ), kegunaannya yaitu untuk melatih otot tangan.
    • Sit up ( min 75x dalam satu waktu ), kegunaannya yaitu untuk melatih otot perut.
    • Lari kegunaanya untuk melatih kaki dan juga melatih ketahanan tubuh kita
    • Jumping jack dapat berfungsi untuk melatih kelenturan.
  3. Persiapan Alat
    Untuk persiapan alat, sepertinya akan terlalu panjang kalau dibahas semua disini. Silahkan di baca kembali di Peralatan Panjat Tebing.
Demikian beberapa hal yang perlu dipersiapkan ketikan hendak melakukan olah raga panjat tebing. Semoga ada manfaatnya bagi yang ingin mencoba olah raga ini. [Ref]

--------------------------------------------
Posted by: Siswapala
--------------------------------------------